Skripsi
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA FAKULTAS EKONOMI YOGYAKARTA
XML
Dalam dinamika persaingan pariwisata yang semakin ketat belakangan ini, citra kota terhadap
pengunjung menjadi salah satu kunci utama keunggulan bersaing. Sebuah kota berlomba-lomba
menyusun program pariwisata agar selalu menjadi pilihan pertama bagi pengunjung. Sikap pengunjung
terhadap merek, citra kota, dan ekuitas terhadap merek menjadi faktor utama dalam membangun
preferensi pengunjung terhadap merek. Dimana jika kecenderungan pengunjung menyukai sebuah kota di
banding kota lainnya hal ini akan membentuk keinginan untuk berkunjung dan akan meningkatkan
ekuitas, citra, dan sikap terhadap sebuah kota.
Responden penelitian ini adalah yang pernah berkunjung ke Kota Bandung dan Kota
Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 250 responden dengan teknik convinience
sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan
program Smart PLS versi 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap merek, citra merek, dan ekuitas merek
memiliki efek positif yang signifikan pada perspektif pengunjung. Namun, ekuitas merek tidak memiliki
efek positif yang signifikan terhadap preferensi merek.
Keterbatasan penelitian ini antara lain adanya proses subjektif, dikarenakan preferensi merek,
ekuitas merek, citra merek, dan sikap terhadap merek merupakan konstruksi yang dirasakan per individu.
Selain itu penelitian ini hanya dilakukan satu kali dengan satu individu yang berbeda, sehingga ada
kemungkinan pengunjung menjawab berdasarkan hasil evaluasi terakhir mereka dalam mengunjungi Kota
Bandung dan Kota Yogyakarta bukan berdasarkan persepsi mereka secara keseluruhan.
Detail Information
Item Type |
Other
|
---|---|
Penulis |
Donny Wahyu Niagara - Personal Name
|
Student ID |
14311406
|
Dosen Pembimbing |
RR. Ratna Roostika, S.E., MAC., Phd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi | |
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA FAKULTAS EKONOMI YOGYAKARTA : ., 2018 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |